Social Icons

 photo Facebook_32x32_zpsc7edbc74.png  photo Twitter_32x32_zps0d4c140c.png  photo Google_32x32_zps0997be86.png  photo Youtube_32x32_zps8dbc9cc2.png  photo Pinterest_32x32_zpsb78721a9.png

Monday, May 13, 2013

DIY - SHARE DAN TIPS CARA NGECAT MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN CAT SEMPROT AEROSOL

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang pengecatan motor. Saya bermaksud untuk mengecat ulang seluruh body motor agar tampilan tetap kinclong. 
Motor jenis bebek Honda Astrea Impressa 2001 saya beli seken dari seseorang dengan kondisi yang masih lumayan, walopun minus sepasang sayap depan dan satu buah sayap tengah dan cat body yang masih baik untuk kendaraan keluaran tahun 2001.

Saya sudah gunakan motor tersebut selama 2 bulan lebih, selama berkendara kadang saya iri dengan motor lain yang keluaran baru ataupun lama tetapi kondisi cat body motornya masih mulus dan kinclong. Motor saya kurang sregg neh cat nya. Karena itu akhirnya saya putuskan untuk menyiram (mencat) ulang seluruh body kuda besi saya. Heheheee,,,gak mau kalah set aahh,,,

Awalnya sempet bingung juga, banyak kendala yang dihadapi mulai dari tidak punya pengalaman untuk mengecat, ditambah tidak memiliki perkakas lengkap seperti mesin kompresor tabung angin dan spary gun. Dan apabila saya serahkan ke bengkel cat motor maka akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit pula,,,,huuufff,,,gimana yaa,,,pusing saya,,,

Aaaahhaaa,,,,eit,,,,,saya tidak pantang menyerah guna mempercantik tampilan kuda besi saya maka saya cari tahu berbagai informasi teknik cara pengecatan motor yang baik mulai dari teknik pengecatan konvensional dengan menggunakan kompressor angin dan spray gun sampai ke tahap pengecatan menggunakan cat semprot tabung kaleng aeorsol.

Tadinya saya sempet juga berpikiran dan punya berbagai opsi yaitu membeli paket mini kompressor plus spray gun untuk mengecat,,, tapi setelah dipikir-pikir harga paketan alat tersebut minimal 650rb rupiah. 
Opsi kedua, temen punya kompressor, tetapi saya harus beli spray gun nya dimana harga minimal spray gun adalah 150rb belum cat, thinner, amplas dan cairan untuk menggosok agar lebih mengkilat. Alamaakkk,,,,mahal benul, modal kagak cukup eeuuuyyy,,,,,
Opsi ketiga menggunakan cat semprot kaleng aerosol, biasanya orang kenal pylox, tetapi saat ini telah banyak berbagai merk cat semprot tabung aoerosol untuk keperluan pengecatan antara lain, Diton, RJ, Samurai, Aerox, dll.

Banyak yang bilang kalo nge cat dengan cat semprot kaleng aerosol hasilnya kurang bagus, tetapi saat ini perkembangannya telah sangat maju, sehingga penggunaan cat semprot kaleng aerosol bisa juga untuk digunakan dan hasilnya pun tidak kalah bagus dengan teknik pengecatan konvensional menggunakan kompresor dan spray gun. Sebagian orang pun juga mengatakan bahwa penggunaan cat semprot kaleng aeorsol hasilnya bisa juga bagus, yang penting teknik pengecatannya.

Kelemahannya adalah bahwa cat semprot kaleng jenis warnanya sangat terbatas, tergantung dari produsen dan pabrikan merk yang mengeluarkannya cat semprot kaleng aeorosol.

Akhirnya setelah dipikirkan matang saya pilih opsi yang ketiga, yaitu pengecatan dengan menggunakan cat semprot kaleng aerosol.

Jeng,,jengg,,,akhirnya saya putuskan untuk mencari toko yang menjual cat semprot kaleng aerosol. Umumnya cat tersebut sudah bisa didapatkan di toko penjual aksesoris motor.

Berhubung karena sering liat orang yang menjual jasa pengecatan cat duco di sepanjang jalan daerah kwitang senen akhirnya saya coba pergi kesana. Ada beberapa toko yang menjual cat tersebut, umumnya disana adalah toko cat yang sekaligus menjual jasa pengecatan cat mobil. 

Tibalah saya  disuatu toko cat, awalnya saya menanyakan ada gak cat semprot kaleng aerosol. Penjualnya bingung, ooo kalo pylox gak ada, saya ada nya jual cat merk Canbrush dan Samurai. Berhubung saya membawa motor saya, akhirnya saya jelaskan, bahwa saya mau mengecat ulang body motor saya.
Awalnya penjual tersebut agak sungkan menjelaskan, tetapi begitu saya bilang bahwa saya tidak begitu paham tentang teknik cara pengecatan, alhasil dia jelaskan secara detail mulai dari tahap awal. 
Good,,,thankkksss,,,,,,, ni penjual ramah banget. Perawakan orangnya gede gendut berkulit coklat agak sedikit nyeremin, tapi baik banget dan ramah sekali, gak pelit untuk nerangin ilmunya. Walopun awalnya sedikit takut dan males bertanya, tetapi dia sangat ramah dan menjelaskan berbagai macam hal pertayaan yang saya ajukan. Sedikit dia bercerita katanya sempet juga awalnya berprofesi sebagai tukang cat mobil sebelum memiliki toko cat. Sekarang dia punya toko dan sekaligus menjual jasa pengecatan cat mobil.

Dia menyarankan buat cat semprot aerosol 2 merk yang dia jual yaitu Samurai dan Canbrush, karena katanya kelebihannya, cat ini tidak mudah buram, ngeredup, dan tidak rusak apabila ketumpahan cairan bensin. Dua merk tersebut merupakan satu pabrikan dan berasal dari produsen negara malaysia.

Akhirnya setelah mengajukan sekian banyak pertanyaan dan mulai sedikit menerima penjelasan tentang teknik pengecatan, akhirnya saya putuskan untuk membeli. Per kaleng untuk cat merk Samurai dijual seharga 22rb sedangkan untuk cat merk Canbrush dijual dengan harga 20rb. 

Modal peralatan yang saya beli dan perlukan meliputi :
- 2 Kaleng Cat Primer Epoxy Warba Abu-abu merk Canbrush (Kode : C5)   >> (44.000)
- 2 Kaleng Cat Warna Hitam Metalik merk Canbrush (Kode : C1139)           >> (40.000)
- 2 Kaleng Cat Warna Merah Solid merk Samurai (Kode : 33)                     >> (44.000)
- 2 Kaleng Cat Clear Transparan/Bening merk Samurai (Kode : 128)           >> (44.000)
- 1 Kaleng Kecil Dempul merk Alfaglos                                                     >> (10.000)
- 1 Lembar amplas grit 100                                                                      >>  ( 5.000)
- 1 Lembar amplas grit 280                                                                      >>  ( 5.000)
- 1 Lembar amplas grit 1000                                                                    >>  ( 5.000)
- 1 Tube Kit pasta                                                                                   >>  ( 7.000)

Total Belanja peralatan pengecatan yang dihabiskan adalah Rp. 204.000,-

Jumlah tersebut seharga kurang lebih dengan 1 buah alat spray gun saja. Dengan total 204rb saya sudah bisa mulai untuk mengecat motor kesayangan. Hihiii,,,,

Langsung saja kita mulai praktek pengecatan motor untuk pemula seperti saya. Lagi-lagi saya berguru dengan mbah google ditambah dengan ilmu yang diberikan oleh penjual cat, maka langkah-langkah saya lakukan adalah sebagai berikut ini.

Gambar dibawah ini adalah saat body motor belum dicat


Honda Astrea Impressa '2001 Orisinil (Before Painting)
Berikut dibawah peralatan yang digunakan untuk pengecatan body motor 


Cat Aerosol Merk Samurai & Canbrush, dempul, amplas, Kit Polishing


Step Aplikasi Pengecatan Pada Motor Honda Astrea Impressa 2001
1. Lepaskan seluruh body plastik motor yang ingin dicat dari dudukannya, sehingga motor dalam keadaan trondol.

2. Lepas/kelet stiker yang menempel dibody motor serta bersihkan sisa lem stiker yang masih menempel dengan cairan bensin.

3. Siapkan Ember diisi dengan air dicampur sabun rinso dan sunlight. Gosok/cuci sampai bersih  body plastik dari sisa kotoran dan minyak yang menempel.

4. Pada kasus ini motor saya ini dimana terdapat baret, coak, serta sobek pada plastik body, maka saya kerjakan dengan menggunakan lem untuk menyambung plastik yang patah serta dempul untuk menutupi retak, bolong, coakan pada plastik. Jemur dan biarkan sampai dempul mengering. Untuk pengeringan dan pengerjaan dempulan pada malam hari, seperti pada kasus saya dimana ingin cepet selesai, bisa dibantu dengan menggunakan lampu penyinaran bohlam 100 Watt.

5. Setelah dempul kering gosok pertama dengan amplas 100, dilanjut, 280, dan kemudian 1000 dengan campuran air sabun rinso serta sunlight, kata orang cat proses wetsanding.

6. Gosok body plastik lainnya perlahan menggunakan amplas 280 dengan campuran air sabun rinso dan sunlight, untuk meratakan cat, kemudian disambung gosok dengan menggunakan amplas 1000 agar permukaan body plastik lebih halus.

7. Bersihkan serta jemur kembali semua body plastik yang telah halus. Setelah kering pastikan permukaan body plastik bersih dari kotoran, debu, partikel halus yang menempel untuk dilanjutkan dengan proses epoxy.

8. Siapkan cat primer epoxy warna abu-abu merk Canbrush, kocok selama 5 menit agar campuran cat didalam kaleng merata dengan sempurna. Tes semprot terlebih dulu ke media yang lain untuk memastikan aliran cat berjalan lancar. Setelah yakin lakukan pengecatan epoxy kepermukaan body plastik. Semprot secara tipis terlebih dulu dengan jarak 20 cm. Lakukan hingga 3 lapisan epoxy. Lakukan pengeringan dengan bantuan matahari karena, proses kering cat aerosol ini agak sedikit lama bila tidak dibantu dengan sinar matahari.

9. Cek permukaan body setelah di epoxy apakah ada tanda cat epoxy tidak merata atau beleber. Jika ya maka lakukan proses wetsanding lagi, kemudian jemur dan cat dengan epoxy lagi. Setelah seluruh lapisan permukaan tertutup dengan sempurna, kemudian lakukan proese wetsanding dengan menggunakan amplas 1000 sampai seluruh permukaan cat epoxy menjadi butek. Selanjutnya jemur kembali.

10. Selanjutnya persiapkan cat aerosol warna hitam metalik merk Canbrush untuk cat base coat, kocok seperti langkah 8 diatas, apabila telah tercampur dengan baik lakukan tes semprot ke media yang lain. Apabila telah yakin, maka lakukan proses penyemprotan, Semprot secara tipis terlebih dulu dengan jarak 20 cm. Lakukan hingga 3 lapisan.

11. Ulangi langkah ke 9, dalam hal ini untuk melihat apakah permukaan cat base coat warna hitam metalik telah sempurna. Bila belum silahkan lakukan seperti langkah 9 untuk bagian tertentu saja yang masih kurang sempurna seperti berbintik kotoran, cat lumer atau lainnya, apabila permukaan cat sudah merata dengan sempurna maka selanjutnya dikeringkan.

12. Selanjutnya persiapkan cat aerosol warna merah terang solid merk Samurai untuk cat base coat part lainnya, kocok seperti langkah 8 diatas, apabila telah tercampur dengan baik lakukan tes semprot ke media yang lain. Apabila telah yakin, maka lakukan proses penyemprotan, Semprot secara tipis terlebih dulu dengan jarak 20 cm. Lakukan hingga 3 lapisan.

12. Siapkan cat vernish warna clear untuk cat clear coat, dimana agar cat basecoat nya terlindungi untuk daya tahan lebih lama serta agar cat tidak ngelotok bila kena benturan kecil. Pastikan bahwa cat base coat sudah kering benar atau matang sempurna. Kocok seperti langkah 8 diatas, apabila telah tercampur dengan baik lakukan tes semprot ke media yang lain. Apabila telah yakin, maka lakukan proses penyemprotan, Semprot secara tipis terlebih dulu dengan jarak 15 cm. Lakukan hingga 3 lapisan.

13. Cek kembali seperti langkah 9, dalam hal ini untuk melihat apakah permukaan vernish / clear coat telah merata dengan sempurna atau belum.

14. Jemur kembali dan biarkan sampai benar-benar kering selama 2 hari penjemuran. Setelah di vernish maka tampilan cat tersebut akan kelihatan tambah mengkilat. 

15. Lakukan proses polishing bila diperlukan, untuk memoles agar permukaan cat lebih terlihat kinclong lagi dan wet look katanya.

16. Selesai proses pengecatan dan sekarang waktunya untuk proses memasang kembali body plastik yang telah di cat.

17. Selesai,,, beginilah tampilan setelah proses pengecatan dengan menggunakan cat semprot kaleng aerosol. 


Honda Astrea Impressa (After Painting)

Lumayan lah bagi pemula untuk proses pengecetannya, emang belum sejago tukang cat beneran sihh,,,,heheheheee,,,,,,Tetapi disinilah letak kepuasannya, yang penting tetap kudu sabar jika menginginkan hasil yang maksimal. Untuk dana yang dikeluarkan mungkin akan lebih minim jika sudah tau cara dan teknik pengecatan yang baik dan hemat.

Next project mau ngecat rangka, garpu belakang dan kepala babi nya.

Kalo ada yang punya spare sayap depan honda astrea impressa, bolehlah dilempar kemari broo,,,dihibahkan apalagi ane seneng baaaaangged ttuuhhh,,,, heheheeee,,,
Ane tebus aja deh aja dengan duit deh,,,tp kl bisa harganya yg bersahabat yaaa,,,,

vvvrrrrooooommm,,,,,,,,,,,wwwuusshhhhh,,,,,,,,,,,go,,go,,,tafar

demkian,,,share pengalaman dari tafar world,,,semoga dapat membantu anda,,,

10 comments:

  1. yaaa boleh lah bwt pengalaman..tapi klo mau ngecat tembok kamar apa juga mesti gt gan wkwkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkk,,,ngecat muke ente jg bisa mas gan brow,,,

      Delete
  2. Gan itu 2 kaleng apa 1 kaleng buat fullbody
    Trus toko cat nya daerah mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan gan, kan diatas udah ada penjelasannya, mulai dari cat primer epoxy, cat dasar dan cat jenis clear.

      Aplikasi pada motor kemaren ane menggunkana 6 kaleng, 2 kaleng warna hitam, 2 kaleng warna merah dan 2 kaleng clear/pernish.

      Kl tau tekniknya mungkin akan semakin sedikit banyaknya cat yang digunakan. Kl kemaren ane agak terlalu tebal ngecatnya.

      Tokonya cari aja disekitaran Kwitang Jakarta Pusat gan, disana ada banyak tukang yang jual cat khusus otomotif.

      Delete
  3. mantap gan,berguna tipsnya... tingggal cari cat samurai

    ReplyDelete
  4. Thank Ya Gan Info Ntar Gue Coba Dulu

    ReplyDelete
  5. Gan itu 3 kali penyemprotan? tunggu kering dulu baru disemprot atau pas masih basah boleh langsung dilapis?

    ReplyDelete
  6. jarak rentang waktu pengeringan tiap2 cat nya berapa lama...misalnya primer nya harus di keringkan berapa lama baru boleh di cat warna

    ReplyDelete